Minggu, 22 Mei 2016

Field Study

Hai kawan blogger, disini bersama saya Khalifah Adhiatna akan berbagi cerita nih bagaimana perjalanan saya dari Bandung ke Pangandaran dan kebetulan juga saya disini sebagai wakil ketua pelaksananya guys hahahaha. Kita mulai dari pertama ya guys. Pertamanya itu saya disini mau jadi pengikut aja gamau jadi pengurus panitia. Saya disini ditunjuk oleh dosen pembimbing field study karena ketua pelaksananya sempet sakit dulu sebelum pergi ke pangandaran. Saya sebagai wakil ketua pelaksana awalnya bingung harus melakukan apa karena disini saya baru pertama kali ikut kepanitiaan karena biasanya saya hanya menjadi rakyat biasa hahahaha. Pertama kita tuh disini sering melakukan rapat karena kami hanya memiliki waktu kurang dari sebulan untuk melaksanakan field study. Lalu ditunjuklah anggota kepanitiaan yang lain oleh ketua pelaksana dan setelah itu para panitia pun bekerja sesuai job desk masing-masing guys. Kepanitiaan juga dibagi menjadi beberapa panitia guys ada yang dibidang hotel, food and beverage, ada juga yang di bidang transportasi. Setelah semua nya bekerja saya bersama ketua pelaksana sering sharing tentang bagaimana sih field study itu. Saya juga sering bercerita ke senior saya tentang field study itu sendiri dan sampai akhirnya pada rapat yang terakhir ada sesuatu hal yang sangat mengejutkan. Hal itu diberi tahu dari bidang transportasi yang katanya mau berganti bis karena ada kesalahan teknis. Disitu saya sempat kaget karena yang saya tahu itu kami udh booking bis untuk tanggal 15-17 Mei tapi ternyata dari pihak bis mem booking untuk tanggal yang lain. Saya dan yang lain juga sempat bingung kenapa hal itu bisa terjadi tapi mau gimana lagi karena pada saat itu adalah H-2 untuk keberangkatan jadi lupakan saja hal itu hehehe. Lalu kami pun melakukan rapat dengan dosen untuk melakukan field study itu sendiri dan hasil rapat pun cukup membanggakan karena tidak banykak yang harus dirubah dari rundown nya dan kami pun langsung menyampaikannya pada seluruh angkatan.
Pada esok harinya kami pun berangkat. Cukup sedih sih karena pada saat berangkat kondisi saya kurang fit (curhat). Kami mengumpulkan angkatan di Museum Pendidikan Nasional untuk berangkat ke Pangandaran. Setelah menunggu lumayan lama akhirnya bis kami pun tiba di Museum Pendidikan Nasional. Kami pun langsung memasuki bis masing-masing. Anehnya selama perjalanan saya tidak merasakan bahwa kondisi saya kurang fit hahahha (curhat)(lagi). Setelah cukup lama kami melakukan perjalanan akhirnya sampai juga kami di Mesjid Agung Pangandaran. Kami disana sempat menunggu konfirmasi dari bupati Pangandaran karena beliau masih ada acara yang lain di Pantai Pangandaran. Setelah cukup lama menunggu akhirnya kami pun pergi ke balai desa Pangandaran kami disana melakukan audensi dengan Bupati disana. Setelah selesai audensi kami pun langsung menuju ke hotel untuk melakukan check-in. Setelah semuanya check-in kami pun melakukan sholat jumat di daerah sekitar hotel kami. Sesudah kami melakukan sholat jumat kami pun langsung melakukan perjalanan menuju cagar alam. Disana kami melihat banyak sekali rusa dan monyet hahaha mungkin itu lucu bagi saya karena di Bandung saya jarang melihat hewan hehehe. Kami pun melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak yang ada di cagar alam. Saya sempat pisah dengan rombongan yang lain karena saya ingin lebih mencari tahu sendiri hehehe tapi saya jalan engga sendirian guys saya ditemani oleh Kahlil. Saya pun menyusuri goa-goa yang terdapat di cagar alam itu. Setelah sampai setengah perjalanan kami berdua pun menemui rombongan yang lain dan akhirnya kami berdua pun memisahkan diri lagi untuk mecari tau goa-goa yang lain. Sekarang jumlah orang yang engga bareng sama rombongan bertambah lagi guys hahaha. Saya bersama Kahlil, Sabda, Rizki P, dan juga Reza, Kami disini sempat berpisah jauh dengan rombongan karena kami disini ingin lebih tau tentang goa-goa yang ada disini. Setelah cukup jauh berjalan dan kami juga engga enak sama yang lain maka kami pun memutuskan untuk kembali mencari rombongan yang lain. Dan kami pun sampai di pasir putih yang sepi pengunjung. Kenapa sepi pengunjung ???
Karena kami salah jalan wakakakaka. Seharusnya kami belok ke kiri bukan ke kanan. Kami pun serombongan akhirnya memutar balik ke jalan yang benar. Setelah perjalanan yang sangat melelahkan kami pun sampai di pasir putih yang benar. Setelah kita sampai di pasir putih kami langsung disambut oleh perahu yang sebelumnya sudah kami sewa untuk menjemput kami disana. Seperti biasa saya dapat kelompok yang terkahir hahaha. Setelah selesai berjalan di pasir putih saya pun kembali ke hotel dan langsung mandi karena keringat ini sungguh menyebalkan. setelah mandi dan siap-siap saya dan teman-teman yang lain langsung menuju resto hotel karena kami akan melakukan dinner bersama disana. Setelah selesai makan malam tim dokumenter pun memutar kan film yang sebelumnya sudah disiapkan. Setelah semuanya selesai dan juga disarankan untuk istirahat tapi saya dan teman-teman saya tidak istirahat dan melanjutkan foto-foto di tepi pantai. Sayangnya waktu kita foto-foto kepotong sama hujan yang cukup besar dan kami pun memutuskan untuk tidak berfoto dulu. Saya pun akhirnya kembali ke hotel untuk ber istirahat. Pada hari kedua saya dibangunkan oleh teman untuk melakukan sarapan di hotel itu. Beres makan pagi rombongan pun melanjutkan perjalanan ke Citumang yaks disana kami akan melakukan body rafting guys dan sungguh kebetulan saya juga belum pernah melakukan body rafting hahaha dan hal itu yang membuat saya sangat bersemangat pada hari itu. Perjalanan juga tidak terlalu jauh karena Citumang dengan Pangandaran cukup dekat. Setelah sampai pada tempat parkir bis kami pun melakukan perjalanan menggunakan mobil box yang besar karena bus tidak bisa masuk langsung ke Citumang itu sendiri. Setelah sampai kami pun diberi pengarahan oleh Guide yang ada disana setelah diberi pengarahan kami pun melanjutkan perjalanan untuk memulai body rafting itu. Dan waw ternyata disana banyak orang yang sedang mengantri untuk memulai body rafting dan kami pun harus mengantri lagi. Setelah cukup lama mengantri akhirnya kelompok kami pun masuk arena body rafting. Disana terdapat tempat khusus untuk melompat dan saya pun penasaran dengan tempat itu dan saya pun melompat dari ketinggian 7M diatas air dan rasanya sungguh wow saya tidak bisa berkata apa-apa karena itu sangat menarik guys hahaha. Sudah melompat saya pun masuk ke goa untuk melakukan body rafting. Saya bersama kelompok menyusuri sungai Citumang itu dan hal itu sungguh menyenangkan. Sudah cukup jauh kami menyusuri sungai itu ada juga tempat untuk melompat lagi dan saya pun melompat lagi hahaha tapi berbeda dengan yang tadi disini saya hanya menggelantung dan menjatuhkan diri ke sungai tapi sama serunya. Saya pun bersama kelompok melanjutkan lagi perjalanan, ditengah perjalanan saya pun menemukan tangga yang menggelantung dan saya pun tertarik untuk mencobanya setelah sampai diatas dan WOW jarak antara saya berdiri dengan air itu sangat jauh sekitar 12M. Karena sudah tanggung naik maka saya pun akhirnya melompat dari ketinggian itu dan boom sangat mendebarkan hahaha kalo kesana lagi saya mau loncat lagi hahahaha. Disitulah akhir dari body rafting itu sendiri. Setelah cape melakukan aktifitas disana saya bersama teman-teman saya makan disana karena sudah dipaket (promosi). Setelah selesai makan saya pun membilas badan dengan air bersih. Selesai makan kami pun melanjutkan perjalanan ke bus untuk melanjutkan perjalanan kami. Sampai diparkiran bis kami pun langsung memasuki bus dan melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya destinasi selanjutnya adalah Pantai Batu Karas. Perjalanan pun dimulai dan saya juga sempat tertidur di perjalanan karena lelah beraktifitas di citumang. Sesampainya di Pantai Batu Karas saya bersama teman yang lain langsung melakukan Water Sport yang terdiri dari Banana Boat, Gladiator, dan juga UFO. Kegiatan itu sangat menyenangkan banyak hal aneh yang baru saya temukan hahahaha. Setelah melakukan kegiatan sport gerimis pun turun dan rombongan pun langsung menghampiri bis untuk kembali ke hotel. Selama perjalanan menuju hotel saya pun bercerita dengan teman sebangku di bis saya. Saya bercerita banyak dengannya dan saya juga engga inget cerita apa aja hahahaha. tanpa terasa akhirnya kami pun sampai di hotel dimana tempat kami menginap. Setelah sampai di hotel saya pun langsung mandi karena masih ada kegiatan diluar dan saya pun lupa bahwa kegiatan itu ada dresscode nya dan saya tidak membawa dresscode yang seharusnya sudah saya siapkan terpaksa saya pun membeli baju bersama teman sebangku yang tadi diceritakan. Setelah saya membeli baju saya pun langsung pergi ke tempat dimana kami akan melakukan makan malam dan makrab. Dan disana pun saya bersama teman panitia menyiapkan api unggun untuk melakukan makrab. Sebelum kami melakukan makrab kami makan malam dulu disebuah cafe di sekitaran pantai Pangandaran. Selesai makan kami pun melanjutkan aktivitas makrab. Makrab kami bisa dibilang biasa aja karena tidak ada yang berbeda dari makrab yang lain. Setelah selesai makrab kami pun kembali ke hotel dan melakukan istirahat. Dan seperti biasa saya masih dibangunkan oleh teman untuk melakukan sarapan. Setelah selesai kami pun langsung bersiap-siap untuk melakukan check-out dan kami pun langsung meninggalkan hotel tersebut. Pada perjalanan pulang saya tidak terlalu ingat banyak karena saya banyak tidur dalam perjalanan pulang. Saya pun terbangun di tempat istirahat di daerah ciamis, kami makan siang di tempat istirahat tersebut selesai makan siang kami pun melanjutkan perjalanan pulang menuju Bandung dan saya pun kembali tidur untuk ke sekian kalinya. Bus kami pun istirahat lagi di restoran di daerah Rajapolah. Setelah selesai bus kami berangkat langsung ke bandung. Dan tidak terasa kami pun sampai di kampus tercinta dan kami semua pun setelah sampai langsung membubarkan diri untuk kembali kerumah masing-masing. Dan itulah akhir dari perjalanan saya bersama Manajemen Pemasaran Pariwisata 2015 semoga cerita saya bisa menginspirasi kalian untuk lebih bisa menghargai pariwisata indonesia. Sekian dan terimakasih.

mungkin hanya ini hasil foto-foto saya selama ada di pangandaran hehehe, maklum kurang suka difoto